BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DENGAN MENGINSERSI BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA

Dhiniaty Gularso, Universitas PGRI Yogyakarta (2019) BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DENGAN MENGINSERSI BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA. JURNAL PGSD INDONESIA [JPI] VOL. 5 NO. 2, AGUSTUS 2019. Hal. 63-69.

[img]
Preview
Text
JPI-2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan media buku cerita anak bergambar dengan menginsersi budaya lokal, 2)mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap media buku cerita bergambar dengan menginsersi budaya lokal, dan 3) mengetahui keefektifan buku cerita anak bergambar dengan menginsersi budaya lokal untuk meningkatkan minat baca siswa kelas I SD Kepuhan Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kepuhan Bantul pada semester genap. Penelitian ini adalah penelitian Research And Development (RnD) dengan mengacu pada model rancangan Borg and Gall dalam Sugiyono (2015: 298) yang dibagi kedalam 10 tahapan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen (Before-After). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD N Kepuhan Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, instrumen angket respon guru, siswa dan instrumen angket minat baca. Teknik analisis data : presentase dan Uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Produk media layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil kelayakan buku cerita anak bergambar dari ahli materi mendapat presentase sebesar 82,8%, dari ahli media mendapat presentase sebesar 85%. 2) Buku cerita anak bergambar dengan menginsersi budaya lokal mendapat respon yang baik sekali dari guru dengan persentase sebesar 97,5% dan 25 respon siswa dengan persentase sebesar 95%. 3)Buku Cerita Anak Bergambar dengan Menginsersi Budaya Lokal efektif, Ini ditunjukkan oleh hasil Uji Paired Sample T-Test angket minat baca sesudah (Before-After)yang diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,000 <0,05 serta dilihat rata-rata nilai angket minat baca kelompok Before-After dengan rata-rata 51 untuk kelompok Before dan 57,2 untuk kelompok After. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat baca siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Cerita Anak Bergambar, Tematik
Subjects: Pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:50
Last Modified: 11 Jun 2020 02:50
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item