UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN

Helmayuta Banowati, 11144100181 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HELMAYUTA BANOWATI.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Banguntapan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Banguntapan pada tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP N 4 Banguntapan yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi pokok bilangan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Diakhir siklus dilaksanakan tes pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, wawancara, tes pemahaman konsep. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif dan kuantitaif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. hal ini terbukti dari : (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran matematika pada siklus I sebesar 78,95% (kategori tinggi) pada siklus II sebesar 89,47% (kategori tinggi) (2) hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I sebesar 64,10%(kategori cukup) pada siklus II sebesar 97,44%(kategori tinggi) (3) banyak siswa yang pemahaman konsepnya telah mencapai kategori tinggi sebesar 85,71%; 4) persentase siswa dengan menggunakan pemahaman konsep matematika berdasarkan indikator meningkat dengan kategori tinggi (a) menyatakan ulang sebuah konsep sebesar 80,95%, (b) mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sebesar 80,95%, (c) memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep sebesar 90,48%, (d) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representatif matematis sebesar 76,19%, (e) mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep sebesar 82,14%, (f) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebesar 79,76%, (g) mengaplikasikan konsep dan algoritma dalam pemecahan masalah sebesar 83,33s%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), pemahaman konsep matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:30
Last Modified: 27 Jan 2016 04:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item