LILIK RAHAYU, 131144230042 (2015) HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR EFISIEN DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS I SIDOMULYO, BAMBANGLIPURO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel Lilik Rahayu (131144230042).pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan belajar efisien dengan prestasi belajar matematika siswa, (2) hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa, (3) hubungan antara layanan bimbingan belajar efisien dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika pada murid-murid siswa kelas V se-Gugus I Sidomulyo Bambanglipuro semester I tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V se-Gugus I Sidomulyo Bambanglipuro semester I tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 127 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik random sampling yakni sejumlah 76 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan belajar efisien dengan prestasi belajar matematika siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,376 dengan p = 0,001 < 0,05, yang berarti semakin efisien layanan bimbingan belajar terhadap siswa akan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, (2) Ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar Matematika siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,373 dengan p = 0,001 < 0,05, yang berarti semakin tinggi motivasi berprestasi pada siswa akan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, (3) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan belajar efisien dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 9,784 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin efisien layanan bimbingan belajar terhadap siswa dan semakin tinggi motivasi berprestasi siswa dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah memiliki peran penting dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar secara efisien dan meningkatkan motivasi berprestasi siswa sehingga akan berpengaruh terhadap meningkatnya prestasi belajar matematika siswa yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan belajar efisien, motivasi berprestasi, prestasi belajar matematika |
Subjects: | Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kemauan: motivasi, brainwashing, persuasi Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kecerdasan dan Bakat Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 27 Jan 2016 03:55 |
Last Modified: | 27 Jan 2016 03:55 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/200 |
Actions (login required)
View Item |