UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF THE LEARNING CELLS DI SDN MARGOMULYO 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Khulatun Muanisah, 11144600059 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF THE LEARNING CELLS DI SDN MARGOMULYO 1 SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL KHULATUN MUANISAH 11144600059.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keberanian berpendapat siswa pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran aktif the learning cells pada kelas V SDN Margomulyo 1 Seyegan Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sleman Yogyakarta pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 29 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 13 siswa dan siswa perempuan 16 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data hasil observasi selama pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persentase ketuntasan keberanian berpendapat siswa kelas V pada pembelajaran IPS telah mencapai target yang ditentukan. Pada siklus I pertemuan pertama persentase ketuntasan mencapai 51,8% dan pada pertemua kedua meningkat menjadi 66,6%. Rata-rata persentase ketuntasan keberanian berpendapat siswa meliputi bertanya, menjawab, dan berargumentasi siklus I mencapai 59,2%. Pada siklus II meningkat pada pertemuan pertama persentase ketuntasan mencapai 72,4% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 86,2%. Rata-rata persentase ketuntasan siklus II menjadi 79,3%. Pada siklus II, tindakan dihentikan karena target sudah tercapai. Kesimpulan penelitian yang diperoleh adalah model pembelajaran aktif The Learning Cells dapat meningkatkan keberanian berpendapat siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Margomulyo 1 Seyegan Sleman Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keberanian Berpendapat, Pembelajaran Aktif The Learning Cells
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 03:41
Last Modified: 27 Jan 2016 03:41
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item