HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI SD NEGERI GLAGAHAN PANDAK BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

JAZIMAH, 12144230070 (2015) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI SD NEGERI GLAGAHAN PANDAK BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Jazimah (12144230070).pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui arah hubungan positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar. (5) Untuk mengetahui arah hubungan positif kemandirian belajar dengan prestasi belajar. (6) Untuk mengetahui hubungannya antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas V dan VI SD Negeri Glagahan, Pandak, Bantul tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 339 siswa dari kelas I sampai dengan VI SD Negeri Glagahan, Pandak, Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel yang diteliti dilakukan dengan teknik Quota stratified Random Sampling sejumlah 75 siswa. Metode dan teknik pengumpulan data adalah dengan angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik dengan uji Regresi ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) ada hubungan positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas V dan VI SD Negeri Glagahan, Pandak, Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015 (rx1y = 0,325). (5), (2) Ada hubungan positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas V dan VI SD Negeri Glagahan, Pandak, Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015 (rx2y = 0,315). (3) Ada hubungan positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar pada siswa SD Negeri Glagahan, Pandak, Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015 (R2=0,226). (4) Sumbangan efektif variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah kecil sebesar 22,63%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah sangat penting karena dengan didorong keefektifan memanfaatkan perpustakaan sekolah maka siswa akan meningkatkan prestasi belajar. Dengan kemandirian belajar akan tinggi akan meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan sekolah, kemandirian belajar dan prestasi belajar.
Subjects: Karya Umum > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 27 Jan 2016 03:02
Last Modified: 27 Jan 2016 03:02
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item