UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN MODEL PROJECT CITIZEN SISWA KELAS IX A DI SMP NEGERI 03 NEGERI AGUNG WAY KANAN LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Nurul Aini, 14144300040 (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN MODEL PROJECT CITIZEN SISWA KELAS IX A DI SMP NEGERI 03 NEGERI AGUNG WAY KANAN LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Prodi PKn Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IX A Di SMP Negeri 03 Negeri Agung Way Kanan Lampung sebanyak 26 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan mengunakan model pembelajara Project Citizen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dalah 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan model pembelajaran Project Citizen Siswa Kelas IX A Di SMP Negeri 03 Negeri Agung Way Kanan Lampung Tahun Ajaran 2018/2019 dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata prestasi belajar pada pra siklus 61,26, pada siklus I sebesar 73,57, dan meningkat pada siklus II sebesar 83,88.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Project Citizen
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:39
Last Modified: 18 Feb 2019 02:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item