PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBASIS PERMAINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII

Wahyu Utari, Prodi Matematika UPY and Kumala Dewi, Prodi Matematika UPY (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBASIS PERMAINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII. Prodi Matematika FKIP UPY.

[img]
Preview
Text
wahyu.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Pengaruh media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran peserta didik khususnya di SMP Kelas VII akan membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian konsep, serta isi dari pembelajaran yang sedang berlangsung. Selain itu media pembelajaran juga dapat membangkitkan motivasi belajar dan minat belajar peserta didik, serta media pembelajaran juga dapat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman konsep. Salah satu contoh alat peraga berbasis permainan yang dapat digunakan adalah ubin aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga ubin aljabar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dikelas VII SMP N 4 Sewon dan untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran denngan menggunakan alat peraga berbasis permainan yaitu ubin aljabar. Metode yang diigunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII A dan BSMP Negeri 4 sewon. Sampel penelitian 55 peserta didik. Istrumen yang digunakan berupa Angket dan tes berbentuk LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan uraian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan menggunakan program SPSS 18.0 for windows Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh hasil skor rata-rata dari 65,54 menjadi 80,05 dan untuk yang tidak penggunakan alat peraga juga mengalami peningkatan dari 63,32 menjadi 70,35. Peningkatan juga pada skor minimum dan maksimum untuk yang menggunakan alat peraga nilai minimum 30,25 mengalami peningkatan menjadi 65,00 dan nilai masimum dari 85,00 menjadi 100 sedangkan yang tidak menggunakan alat peragga untuk nilai minimum 20,65 menjadi 55,50 dan untuk nilai maksimum dari nilai 70,54 menjadi 82,25.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Berbasis Permainan, keefektifan, motivasi belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:37
Last Modified: 08 Aug 2018 08:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item