Febri Irfan Nurhuda, Prodi Matematika UPY and Febri Fitriyaningsih, Prodi Matematika UPY (2018) Efektivitas Pendekatan MEAs berbantuan Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa. Prodi Matematika FKIP UPY.
|
Text
febri2.pdf Download (383kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan MEAs berbantuan permainan tradisonal congklak terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 1 Playen. Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) adalah suatu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk memahami, menjelaskan, dan mengkomunikasikan konsep-konsep yang termuat dalam suatu bentuk permasalahan yang harus diselesaikan dengan mengubah permasalahan tersebut ke dalam suatu model matematika. Permainan tradisional congklak merupakan permainan yang berkembang di Indonesia pada tahun 90an. Congklak dimainkan oleh dua orang yang saling berlawanan. Tujuan akhirnya adalah mengumpulkan biji sebanyak-banyaknya di lubang besar. Kemampuan koneksi matematis dibagi menjadi tiga klasifikasi, yaitu (a) koneksi antar pokok bahasan matematika, (b) koneksi dengan disiplin ilmu lain, dan (c) koneksi dengan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pada akhir pembelajaran, masing-masing kelas dilakukan tes untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa pada materi barisan dan deret. Dari hasil perkerjaan siswa akan dioleh sehingga dapat diketahui pengaruh/ efektivitas pendekatan MEAs dalam pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Katematis, Pendekatan MEAs, Permainan Congklak |
Subjects: | Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 08:34 |
Last Modified: | 08 Aug 2018 08:34 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1820 |
Actions (login required)
View Item |