EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NGRUKEMAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL

Syndi Ayuningrum, PGSD Universitas PGRI Yogyakarta and Selly Rahmawati, M.Pd., PGSD Universitas PGRI Yogyakarta (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NGRUKEMAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017 : ISBN 978-602-50837-1-6.

[img]
Preview
Text
0A. Cover Prosiding SEMNAS PGSD 2017 UPY.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20. Syndi Ayuningrum, Selly Rahmawati, M.Pd..pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan keaktifan dan prestasi belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Everyone is a teacher here dan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui lebih efektif mana antara menggunakan model pembelajaran Everyone is a teacher here dan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PKn siswa kelas V. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) ada perbedaan keaktifan belajar PKn siswa antara menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dan pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari uji t keaktifan belajar siswa dengan nilai sig 0,000 atau sig < 0,05 dengan nilai t 4,876. (2) ada perbedaan prestasi belajar PKn siswa antara menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dan pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari uji t prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0,005 atau sig < 0,05 dengan nilai t 2,960. (3) Model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih efektif daripada menggunakan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn. Hal ini diketahui dari hasil nilai keaktifan dari kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here jumlah rata-rata 82,04 dan jumlah rata-rata 74,3 dari kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. (4) Model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih efektif daripada menggunakan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar PKn. Hal ini diketahui dari hasil nilai posttest dari kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here jumlah rata-rata 82,04 dan jumlah rata-rata 74,3 dari kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a teacher here, Prestasi Belajar PKn, Keaktifan Belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 25 May 2018 03:23
Last Modified: 25 May 2018 03:23
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item