PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III

Okti Hidayatul Mukarromah, Universitas PGRI Yogyakarta and Budiharti, S.Si, M.Pd, Universitas PGRI Yogyakarta (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017 : ISBN 978-602-50837-1-6.

[img]
Preview
Text
0A. Cover Prosiding SEMNAS PGSD 2017 UPY.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Okti Hidayatul Mukarromah, Budiharti, S.Si, M.Pd.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana mengembangkan Alat peraga Montessori untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 3 SD, (2) mengetahui bagaimana kulitas produk yang dikembangkan, (3) mengetahui respon siswa terhadap alat peraga, (4) mengetahui keefektifan alat peraga pada pembelajaran matematika materi perkalian, dan (5) mengetahui hasil penigkatan kemampuan berhitung siswa. Hasil penelitian (1) pengembangan ini telah memenuhi seluruh tahapan pengembangan untuk metode penelitian dan pengembangan (R&D). (2) Menunjukkan bahwa kualitas produk alat peraga Montessori yang telah dikembangakan dinyatakan baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli materi yang menilai perangkat pembelajaran RPP dengan jumlah skor 48 dan silabus dengan jumlah skor 47. Ahli media menilai produk dengan jumlah skor 39. (3) Menunjukkan hasil angket respon siswa uji coba lapangan diperoleh hasil hitung 283,2 dengan kriteria sangat baik dan kesimpulan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa siswa memiliki ketertarikan dengan alat peraga. (4) Menunjukkan bahwa alat peraga efektif untuk digunakan, ditunjukan dengan hasil uji normalitas yang memenuhi taraf signifikansi yaitu nilai pretest dan posttest terdistribusi normal dan pada uji homogenitas yang menunjukkan sampel tidak jauh berbeda, sedangkan pada uji t-test diketahui hasil nilai pretest α>0,5 yaitu 0,852>0,5 dinyatakan tidak memiliki validitas dan tidak ada perbedaan kemampuan, sedangkan hasil pada posttest menunjukkan α<0,5 yaitu 0,000<0,05 dan dinyatakan hasil uji tersebut memiliki validasi kriteria dan ada perbedaan kemampuan setelah diberi perlakuan. (5) Peningkatan kemampuan berhitung dailihat dari peningkatan hasil belajar dilakukan dengan uji N-Gain menunjukkan hasil pada kelas kontrol 0,025 dengan kriteria adanya peningkatan yang rendah dan pada kelas eksperimen 0,593 dengan kriteria adanya peningkatan yang sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Alat Peraga Pembelajaran, Montessori, Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 25 May 2018 03:12
Last Modified: 25 May 2018 03:12
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item