ASESMEN MEMBACA PERMULAAN SEBAGAI UPAYA DETEKSI DINI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA (DYSLEXIA)

Bayu Pamungkas, M.Pd., Program Studi PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (2017) ASESMEN MEMBACA PERMULAAN SEBAGAI UPAYA DETEKSI DINI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA (DYSLEXIA). In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017 : ISBN 978-602-50837-1-6.

[img]
Preview
Text
3. BAYU PAMUNGKAS, M.Pd.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover Prosiding SEMNAS PGSD 2017 UPY.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Dalam upaya memahami masalah dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus, seorang guru selalu membutuhkan data yang akurat berkenaan dengan kebutuhan dan masalah yang dihadapi setiap anak didiknya. Untuk dapat menggali data dan informasi tentang kebutuhan dari masalah yang dihadapi anak, guru dapat melakukannya melalui kegiatan yang disebut asesmen. Asesmen dapat dipandang sebagai upaya yang sistematis untuk mengetahui kemampuan, kesulitan dan kebutuhannya pada bidang tertentu, data hasil asesman dapat dijadikan bahan dalam penyusunan program pembelajaran individual. Kasus kesulitan belajar membaca (dyslexia) sering ditemukan di SD. Guru SD seringkali dibuat bingung mengapa salah satu atau sebagian siswanya belum dapat membaca seperti siswa-siswa lain di kelasnya. Sebagai upaya mengatasi hal tersebut perlu dilakukan asesmen membaca dengan instrumen asesmen yang tepat. Dengan instrumen asesmen membaca yang tepat, guru dapat mengetahui sejauh mana kemampuan siswa, apa kesulitan membaca yang dialami siswa dan apakah faktor penyebab kesulitan tersebut. Artikel ini membahas tentang pentingnya proses asesmen membaca permulaan dilakukan oleh seorang guru dalam rangka sedini mungkin mendeteksi kesulitan belajar membaca yang mungkin dialami siswanya sehingga selanjutnya dapat disusun program pembelajaran yang disesuaikan terkait dengan hambatan dan kesulitan yang dialami siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Asesmen membaca permulaan, anak berkesulitan belajar membaca (dyslexia)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 25 May 2018 01:46
Last Modified: 25 May 2018 02:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item