PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, TEMAN SEBAYA, DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SD SEGUGUS V TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

TITIK NURKHAYATI, 13155140015 (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, TEMAN SEBAYA, DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SD SEGUGUS V TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NURKHAYATI.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS . 2) pengaruh Teman Sebaya terhadap prestasi belajar IPS. 3) Pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS. 4) Pengaruh perhatian orang tua, teman sebaya, dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri segugus V Tempel Tahun Pelajaran 2016/2017 Penelitian ini merupakan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD se gugus V Tempel berjumlah 128 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh positif dan signifikan Perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Segugus V Tempel Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis data yang diperoleh nilai thitung = 2.337 dengan p = 0,021. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan Teman sebaya terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Segugus V Tempel Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 2.889 dengan p = 0,000. 3) Ada pengaruh positif yang signifikan Media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Segugus V Tempel Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 2.029 dengan p = 0,045. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan Perhatian orang tua, Teman sebaya dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Segugus V Tempel Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analsis data diperoleh nilai Fhitung = 14.117, p = 0.000. sumbangan efektif perhatian orang tua, teman sebaya, dan media pembelajaran adalah 23,7% terhadap prestasi belajar IPS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, teman sebaya, media pembelajaran, prestasi belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Apr 2018 02:45
Last Modified: 16 Apr 2018 02:45
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item View Item