PENINGKATAN MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CROSSES OVER GROUP” PADA SISWA KELAS X IPS2 SMA NEGERI 1 PLAYEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Toyep Mahmuhana, 14255140044 (2018) PENINGKATAN MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CROSSES OVER GROUP” PADA SISWA KELAS X IPS2 SMA NEGERI 1 PLAYEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Crooses Over Group (COG). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Playen Kabupaten Gunungkidul dengan sasran penelitian guru Geograsfi dan siswa kelas X IPS2 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui tindakan pengamatan, dokumentasi hasil ulangan dan dianalisis dengan langkah-langkah pada setiap siklus dilaksanakan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. rencana dirvisi untuk pembenahan tindakan siklus selsnjutnya. Analisis data dilakukan dengan deskriptif dan kuantitatif. Pembelajaran menggunakan model Crooses Over Group (COG) dapat meningkatkan minat, akivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X IPS2 SMA negeri 1 Playen Kabupaten Gunungkidul. Peningkatan dapat dilihat dari hasil angket menunjukkan data pada pra siklus kondisi dari jumlah 22 siswa menunjukkan bahwa rata-rata skor pada pra siklus skor rata-rata 3,23 dan pada akhir siklus I adalah 5,18 maka peningkatan rata-rata skor Aktivitas belajar secara klasikal 1,95 (61,00%) dan secara individual siswa telah mengalami peningkatan skor Aktivitas belajar sebanyak 20 siswa (90,91%). Minat belajar rata-rata 43,68 pada siklus I menjadi 47,68 mengalami peningkatan skor ratarata sebesar 3,91 (9,02%) dan pada siklus II naik menjadi 53,50 atau naik 5,82 (12,00%) dan secara individu siswa yang mengalami peningkatan skor minat belajar sebanyak 19 siswa (86,36%) dan yang tidak mengalami peningkatan skor minat 3 siswa (13,64%) dari seluruh siswa, ini berarti peningkatan Aktivitas telah tercapai secara optimal dengan menggunakan model COG.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Crosses Over grup, minat, aktivitas, Hasil hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:46
Last Modified: 13 Apr 2018 01:46
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item