Taufik Muhtarom, Universitas PGRI Yogyakarta (2017) EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI MAHASISWA PGSD FKIP UPY PADA MATAKULIAH PENULISAN KARYA ILMIAH TAHUN AJARAN 2017/2018. Program Studi PGSD UPY.
|
Text
efektivitas teknik pembelajaran SQ3R.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan dari teknik pembelajaran model SQ3R (survey, question, read, recite and review) dalam meningkatkan keterampilan literasi mahasiswa PGSD FKIP UPY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP UPY Angakatan 2014 dengan sampel sebanyak 75 mahasiswa. Penelitian ini adalah quasi eksperimen untuk membandingkan keefektifan model pembelajaraan SQ3R (search, question, read, recite and review) dan metode konvensional dalam pembelajaran mata kuliah penulisan karya ilmiah. Adapun teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay untuk mengukur keterampilan literasi/ menulis. Untuk mengetahui validitas soal digunakan rumus korelasi product moment, sementara untuk reliabilitas soal menggunakan rumus Cronbach Alpha, uji prasyarat normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov Z dan homogenitas prestasi belajar menggunakan Levene. Teknik analisis data hasil belajar dan karakter digunakan independent sample t-test, sedangkan pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan terhadap penilaian keterampilan literasi mahasiswa pada mata kuliah penulisan karya ilmiah mahasiswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dibuktikan dari hasil analisis independent sample t-test diperoleh thitung > ttabel (2,343 > 2,000). Dari perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa kenaikan skor penilaian keterampilan literasi mata kuliah penulisan karya ilmiah kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan kata lain bahwa penggunaan model pembelajaran SQ3R lebih efektif dibandingkan dengan tipe konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SQ3R, keterampilan literasi |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 05:26 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 05:26 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1767 |
Actions (login required)
View Item |