PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA

Musmuliadi, 13144100110 (2018) PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA. Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (374kB) | Preview
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap prestasi belajar siswa khususnya dalam pelajaran matematika kelas VIII SMP BOPKRI 5 Yogyakarta. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP BOPKRI 5 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa yang dipilih secara cluster sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP BOPKRI 5 Yogyakarta, dengan diperoleh dengan p = 0,000 < 0,05 dan dengan p = 0,000 < 0,05. Artinya semakin tinggi self-efficacy maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Demikian juga sebaliknya semakin rendah self-efficacy maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII akan memberikan wawasan dan pandangan bagi guru, orang tua dan sekolah dalam mewujudkan
Subjects: Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 26 Mar 2018 01:31
Last Modified: 26 Mar 2018 01:31
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item