Musmuliadi, 13144100110
(2018)
PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP PRESTASI
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII
SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA.
Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.
Item Type: |
Article
|
Uncontrolled Keywords: |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy
terhadap prestasi belajar siswa khususnya dalam pelajaran matematika kelas VIII
SMP BOPKRI 5 Yogyakarta.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP BOPKRI 5
Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa yang dipilih secara cluster sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik
analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
positif dan signifikan self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada
siswa SMP BOPKRI 5 Yogyakarta, dengan diperoleh
dengan p = 0,000 < 0,05 dan dengan p =
0,000 < 0,05. Artinya semakin tinggi self-efficacy maka semakin tinggi prestasi
belajar matematika siswa. Demikian juga sebaliknya semakin rendah self-efficacy
maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa. Implikasi dari penelitian
ini adalah bahwa terdapat pengaruh self-efficacy terhadap prestasi belajar
matematika pada siswa kelas VIII akan memberikan wawasan dan pandangan
bagi guru, orang tua dan sekolah dalam mewujudkan |
Subjects: |
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika |
Divisions: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: |
Mr. Nugroho
|
Date Deposited: |
26 Mar 2018 01:31 |
Last Modified: |
26 Mar 2018 01:31 |
URI: |
http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1756 |
Actions (login required)
|
View Item |