UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) SISWA KELAS VIIA SMP N 2 GAMPING

Ernawati, 11144100164 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) SISWA KELAS VIIA SMP N 2 GAMPING. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ERNAWATI.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmetika sosial dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Gamping pada tahun ajaran 2014/2015, dengan subyek siswa kelas VIIA yang berjumlah 33 orang terdiri dari 18 siswa putri dan 15 siswa putra. Obyek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis&Mc.Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah seluruh data yang tersedia, baik data kualitatif maupun data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) melalui kegiatan tim, tes penempatan, materi-materi kurikulum, belajar kelompok, kelompok pengajaran, tes fakta, skor tim dan rekognisi tim, dan unit seluruh kelas terlaksana dengan baik. Keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan kriteria cukup sebesar 75% pada siklus I dan kriteria tinggi sebesar 96,88% pada siklus II, dilihat dari hasil observasi kegiatan belajar siswa dengan kriteria cukup sebesar 69,87% pada siklus I dan kriteria tinggi sebesar 84,94% pada siklus II sehingga peningkatan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 38,84 (kriteria rendah) pada pra siklus menjadi 59,72 (kriteria cukup) pada siklus I menjadi 84,68 (kriteria tinggi) pada siklus II dan seluruh aspek indikator A (memahami masalah), B (merencanakan penyelesaian masalah), C (menyelesaikan masalah), dan D (menafsirkan hasil) pada siklus II telah mencapai kriteria tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization), kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:23
Last Modified: 26 Jan 2016 04:23
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item