UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN BRAIN GYM PADA KELAS VIIE SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA.

Uci Susilowati, 11144100084 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN BRAIN GYM PADA KELAS VIIE SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Uci Susilowati (11144100084).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Scramble dengan Brain Gym pada siswa kelas VIIE SMP N 12 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang dilaksanakan dikelas VII E yang berjumlah 34 siswa.Langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran Scramble dengan Brain Gym adalah sebagai awalan melakukan gerakan Brain Gym, kemudian penyampaian materi, membagikan kartu soal, mencocokan dengan kartu jawaban, dan presentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis dilakukan sejak awal hingga akhir pengumpulan data penelitian. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIE SMP N 12 Yogyakarta pada materi aritmatika sosial mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Scramble dengan Brain Gym. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 41,67 pada tahap pra siklus, menjadi 68,6 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 87,06 pada siklus II. Sedangkan untuk nilai ketuntasannya dari 2,94% pada tahap pra siklus menjadi 35,29% pada siklus I, dan 85,29% pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble dengan Brain Gym. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:19
Last Modified: 26 Jan 2016 04:19
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item