PENINGKATKAN KREATIVITAS, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS IV SDN TLEPOKWETAN KECAMATAN GRABAG PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AGUNG PRISTINAH, 14255140062 (2018) PENINGKATKAN KREATIVITAS, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS IV SDN TLEPOKWETAN KECAMATAN GRABAG PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tlepokwetan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tlepokwetan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV SDN Tlepokwetan tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kreativitas belajar siswa dengan kategori minimal baik dicapai oleh 13 siswa (61,90% ), meningkat pada siklus I menjadi 16 siswa (76,19%) dan pada siklus II menjadi 18 siswa (85,72%). 2) Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Tlepokwetan tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar siswa pada pra siklus siswa yang mempunyai motivasi belajar dengan kategori minimal baik dicapai 14 siswa (66,67%) siswa, meningkat pada siklus I menjadi 16 siswa (76,19%) dan pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa (91,48%). 3) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Tlepokwetan tahun pelajaran 2016/2017. Peningkatan prestasi belajar peserta didik dilihat dari rerata kelas pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan. Siswa yang mengalami tuntas belajar pada pra siklus 10 atau 47,62%, meningkat pada siklus I 13 siswa (61,90%) tuntas belajar meningkat pada siklus II: 17 atau 80,95%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kreativitas belajar, prestasi belajar, pendekatan saintifik
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:51
Last Modified: 08 Mar 2018 01:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item