Suci Julaekhah, 11144300020 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DELC (DEEPER LEARNING CYCLE) SISWA KELAS XI TARI 3 SMK NEGERI 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
JURNAL SUCI JULAEKHAH_11144300020.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn dengan Model Pembelajaran DELC (Deeper Learning Cycle) siswa kelas XI Tari 3 SMK Negeri 1 Kasihan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tari 3 SMK Negeri 1 Kasihan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes prestasi belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari ratarata prestasi kelas pada saat pra siklus sebesar 67,8 dengan ketuntasan awal sebesar 56% menjadi rata-rata prestasi kelas sebesar 71,6 dengan ketuntasan sebesar 72% pada siklus I, dan naik menjadi rata-rata sebesar 79,4 dengan ketuntasan sebesar 88% pada siklus II. Prestasi belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran siklus II ini telah mencapai batas minimal yang telah ditetapkan peneliti sebelumnya yaitu sebesar 80%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran DELC (Deeper Learning Cycle), prestasi belajar, PKn |
Subjects: | Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:14 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 04:14 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |