UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA

Ludgerus Dappa, 13144100074 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA. Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Ludgerus Dappa.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan biasa dan pecahan campuran dengan strategi pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini dilakukan di SMP Bopkri 5 Yogyakarta pada tahun ajaran 2017/2018 semester I, dengan subjek siswa kelas VII sebanyak 26 terdiri dari putra 17 siswa dan putri 9 siswa. Obyek Penelitian ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan strategi pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah seluruh data yang tersedia, baik data kualitatif maupun data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pratindakan adalah 39.04 dengan kategori (gagal) sedangkan pada siklus I rata-rata kemampuan pemecahan masalah meningkat menjadi 66,38 (kategori baik) namun belum mencapai mencapai indikator keberhasilan yakni rata-rata lebih dari 70 (kategori baik), sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 88,37 (kategori baik sekali); (2) keterlaksanaan strategi pembelajaran CPS siklus I oleh guru 72,50% (kategori baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 90 % (kategori baik sekali). Sedangkan keterlaksanaan strategi pembelajaran CPS siklus I oleh siswa 70% (kategori baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 86,25 % (kategori baik sekali).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 07 Mar 2018 01:57
Last Modified: 07 Mar 2018 01:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item