UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIIID SMP N 1 NGLUWAR MAGELANG

Wenni Hastuti, 11144100016 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIIID SMP N 1 NGLUWAR MAGELANG. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL WENNI HASTUTI.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi balok dan kubus dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Ngluwar Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek penelitian ini siswa kelas VIIID SMP N 1 Ngluwar tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi balok dan kubus. Desain penelitian tindakan kelas ini adalah menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu menyusun rencana tindakan (Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), pengamatan (Observing), refleksi (Reflecting). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dan kedua dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis seluruh data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika. Hal ini dapat di buktikan bahwa pada siklus 2 hasil observasi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT ) telah mencapai kategori tinggi, sehingga dapat meningkatkan : (1) Motivasi belajar siswa dalam kualifikasi tinggi pada pra siklus sebanyak 2 siswa (6,67%), meningkat di Siklus I dengan 8 siswa (26,67%) dan pada siklus II dicapai sebanyak 24 siswa (80,00%); (2) Hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat dari sebelum diadakan penelitian dengan nilai rata-rata adalah 62,73 dalam kualifikasi cukup dan ketuntasan belajarnya adalah 10%. Setelah diadakan penelitian pada siklus I nilai rata – rata tes hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,21 dalam kualifikasi cukup dengan ketuntasan belajar siswa 53,33%. Pada siklus II nilai rata – rata tes hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 84,39 dalam kualifikasi tinggi dengan ketuntasan belajar mencapai 86,67%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), motivasi belajar, dan hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:04
Last Modified: 26 Jan 2016 04:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item