UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 SENTOLO

Nike Rahayu, 11144100201 (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 SENTOLO. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Nike Rahayu (11144100201).pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar persegi panjang dan persegi melalui model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Sentolo tahun ajaran 2014/2015 dan objek penelitian adalah aktivitas belajar dan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu dari hasil observasi, catatan lapangan, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP negeri 3 Sentolo. (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I 73,82% (kriteria cukup), dan pada siklus II 85,61% (kriteria tinggi); (2) hasil belajar matematika meningkat, pada tes pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 65,62 dengan persentase ketuntasan 18,75% (sangat rendah), pada siklus I sebesar 71,09 dengan persentase ketuntasan 46,87%, dan pada siklus II sebesar 80,78 dan persentase ketuntasan belajar 87,5% dan (3) keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 79,26% dan pada siklus II sebesar 92,14% (kriteria tinggi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran inkuiri, aktivitas belajar siswa, hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:01
Last Modified: 26 Jan 2016 04:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item