UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE TIME PIE SISWA KELAS VIII B SMP N 1 SRANDAKAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ambar Ayu, 13144300017 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE TIME PIE SISWA KELAS VIII B SMP N 1 SRANDAKAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Prodi PPKn Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn melalui model pembelajaran Value Time Pie pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Srandakan Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian berjumlah 31 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis & Taggart, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Value Time Pie dapat meningkatkan hasil belajar PPKn. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar pada pra siklus dengan presentase ketuntasan KKM sebesar 41,94%, meningkat pada siklus I sebesar 74,19% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,09%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Value Time Pie, Hasil belajar, PPKn
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 06 Dec 2017 02:20
Last Modified: 06 Dec 2017 02:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item