Ambar Ayu, 13144300017 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE TIME PIE SISWA KELAS VIII B SMP N 1 SRANDAKAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Prodi PPKn Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
artikel.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn melalui model pembelajaran Value Time Pie pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Srandakan Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian berjumlah 31 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis & Taggart, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Value Time Pie dapat meningkatkan hasil belajar PPKn. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar pada pra siklus dengan presentase ketuntasan KKM sebesar 41,94%, meningkat pada siklus I sebesar 74,19% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,09%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Value Time Pie, Hasil belajar, PPKn |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 02:20 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 02:20 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1646 |
Actions (login required)
View Item |