UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS VII C MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Bagas Febrian, 13144300024 (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS VII C MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Prodi PPKn Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn siswa kelas VII C Mts Muhammadiyah Kasihan melalui model pembelajaran CIRC tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah – langkah meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C Mts Muhammadiyah Kasihan berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 63,82 dengan ketuntasan 26,67% meningkat pada siklus I dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 72,43 dengan ketuntasan 46,67% dan meningkat lagi pada siklus II dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 82,00 dengan ketuntasan 93,33%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CIRC, Prestasi Belajar, dan PKn
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:50
Last Modified: 29 Nov 2017 02:50
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item