Aresti Nurul Sholiha, 11144100022 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Think Pair Share (TPS)SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL ARESTI NURUL SHOLIHA.pdf Download (373kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pokok bahasan himpunan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek penelitian ini siswa kelas VIIC yang berjumlah dari 36 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Tink Pair Share (TPS) pada materi himpunan. Penelitian ini mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan setiap siklusnya meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes prestasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah seluruh data yang tersedia baik secara deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan: (1) Hasil observasi kegiatan guru sebesar 68,75% (kualifikasi cukup) pada siklus I menjadi 100,00% (kualifikasi tinggi) pada siklus II. Hasil observasi kegiatan siswa sebesar 70,31% (kualifikasi tinggi) pada siklus I dan pada siklus II menjadi 81,25% (kualifikasi tinggi. (2) Motivasi belajar siswa pada siklus I kualifikasi tinggi ada 1 siswa (2,78%) dan pada siklus II kualifikasi tinggi ada 31 siswa (86,11%). (3) Prestasi belajar siswa dari pra tindakan sebesar 31,94 (kualifikasi rendah) dengan ketuntasan 0%, pada siklus I meningkat menjadi sebesar 54,46 (kualifikasi cukup) dengan ketuntasan sebesar 25% dan pada siklus II menjadi 75,67 (kualifikasi tinggi) dengan ketuntasan sebesar 77,78%. Jadi terdapat peningkatan rata-rata prestasi belajar meningkat sebesar 43,73 dan ketuntasan 77,78%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), motivasi dan prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 03:51 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 03:51 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/163 |
Actions (login required)
View Item |