EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI RINGINHARJO BANTUL YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2017/2018

Rani Rahmiasih, 13144600036 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI RINGINHARJO BANTUL YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2017/2018. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Ringinharjo dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dan model pembelajaran konvensional, dan juga untuk mengetahui bagaimana perbedaan keaktifan dan prestasi belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Ringinharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV C yang berjumlah 47 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data angket keaktifan dan soal pretest posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan keaktifan belajar PKn antara menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dan model pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari uji t angket keaktifan belajar siswa dengan nilai sig 0,007, atau sig < 0,05. 2) Ada perbedaan prestasi belajar Pkn siswa antara menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dan model pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari uji t nilai prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0,000 atau sig < 0,05. 3) Model pembelajaran student facilitator and explaining lebih efektif untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PKn siswa. Hal ini diketahi dari hasil nilai angket dengan jumlah rata-rata 106,04 dan nilai posttest dengan jumlah rata-rata 86,00 dari kelompok yang menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining, sedangkan hasil nilai angket dengan jumlah rata-rata 100,13 dan nilai posttest dengan jumlah rata-rata 77,96 berasal dari kelompok kontrol yang menggunakan model pemeblajaran konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 26 Oct 2017 04:29
Last Modified: 26 Oct 2017 04:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item