UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS VII-G SMP NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Appri Tri Bawono, 11144300079 (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS VII-G SMP NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL APPRI TRI BAWONO.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn melalui pembelajaran Ekspositori siswa kelas VII-G SMP Negeri 3 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bantul Yogyakarta dengan subjek penelitian siswa kelas VIIG SMP Negeri 3 Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2014/ 2015, dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik angket, teknik tes diagnostik dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas VII-G SMP Negeri 3 Bantul Yogyakarta dapat meningkatkan hasil belajar PPKn, dari nilai rata-rata pada prasiklus 67,04 menjadi 69,13 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 91,25, dari angket respon siswa dalam pembelajaran Ekspositori dapat disimpulkan bahwa siswa sangat berminat mencapai 14 siswa dengan presentase 58,34% dan siswa berminat mencapai 10 siswa dengan presentase 41,66%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar PPKn dan Model Pembelajaran Ekspositori
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 26 Jan 2016 03:37
Last Modified: 26 Jan 2016 03:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item