PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS RAOS BUNGAH SUSAH DI KELAS VI SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL

Rizky Nur Fitrayudi, 13144600162 (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS RAOS BUNGAH SUSAH DI KELAS VI SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL. Penerapan,pembelajaran, raos bungah susah.

[img]
Preview
Text
1. artikel.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan dan menganalisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Raos Bungah Susah di Kelas VI SD Sendangsari Pajangan Bantul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan atau narasumber dalam penelitian ini adalah guru, teman sejawat guru, dan siswa kelas VI di SD Sendangsari Pajangan Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tekhnik wawancara, dan keabsahan data yang terdapat dalam triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menurut (Miles dan Huberman, 2009: 20) yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: penerapan pembelajaran berbasis raos bungah susah ini sudah dilakukan oleh guru sejak tahun 2006. Dalam menerapan pembelajaran berbasis raos bungah susah ini yang paling penting adalah membuat siswa menjadi senang dalam pembelajaran, agar siswa bisa menerima pembelajaran dengan mudah dan tanpa tertekan. Dampak penerapan pembelajaran berbasis raos bungah susah adalah prestasi belajar anak meningkat, etika anak terhadap masyarakat lebih baik, terjalinnya hubungan yang akrab antara guru dan siswa, dan anak menjadi lebih disiplin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan,pembelajaran, raos bungah susah
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 21 Oct 2017 02:37
Last Modified: 21 Oct 2017 02:37
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item