UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR

Dian Safitri, 11144100094 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Dian Safitri (11144100094).pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 1 Minggir melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 1 Minggir tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dilaksanakan dengan langkah penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama dan menjawab terlaksana dengan tingkat keterlaksanaan pembelajaran 76,39% (kualifikasi tinggi) pada siklus I dan 89,82% (kualifikasi tinggi) pada siklus II sehinggga motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika yaitu sebelum tindakan 50,00% (kualifikasi kurang), pada siklus I 68,67% (kualifikasi cukup) dan pada siklus II 80,08% (kualifikasi tinggi). Tes prestasi belajar matematika siswa meningkat, pada tes pra tindakan rata-rata kelas 36,89 dengan persentase ketuntasan belajar 0% (kualifikasi rendah), pada tes siklus I rata-rata kelas 69,38 dengan persentase ketuntasan 43,75% (kualifikasi rendah) dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 80,86 dengan persentase ketuntasan 81,25% (kualifikasi tinggi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), motivasi belajar siswa, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jan 2016 03:33
Last Modified: 26 Jan 2016 03:33
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item