Ahmad Fajar Tabroni, 13144600105 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI GROJOGAN TAMANAN BANTUL. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (393kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, dan produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah lembar validasi, respon siswa dan guru dan keefektifan media menggunakan uji independent samples t-test. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Grojogan Tamanan Bantul pada semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA dan kelas IVB SD N Grojogan. Kelas IVA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa dan IV B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa produk media layak untuk digunakan dan efektif sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjukan oleh hasil penilaian ahli materi dengan skor 66 kriteria sangat baik. Ahli media menilai produk dengan skor 74 kriteria baik. Hasil angket respon siswa uji coba terbatas di peroleh persentase 79% dengan kriteria baik dan uji coba lapangan diperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil respon guru mendapat skor 50 kriteria sangat baik. Hasil uji independent sample t-test nilai postest kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0.010 < 0.05, sehingga ada perbedaan yang signifikan dan dapat disimpulkan media yang digunakan pada kelas eksperimen yaitu media komik cerita rakyat efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Membaca Pemahaman, Komik Cerita Rakyat |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 02:28 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 02:28 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1576 |
Actions (login required)
View Item |