Maria Dwi Puji Lestari, 12144100036 (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 7 YOGYAKARTA. Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan TPS pada siswa kelas VII SMP N 7 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah komparatif dengan menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Terpilih kelas VIIA dan VIIB SMP N 7 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017 sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah diuji validitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data dengan Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas dengan Levene Statistic, dan uji hipotesis dengan uji-t untuk sisi kanan dengan taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VII SMP N 7 Yogyakarta. Hal ini terbukti dari pengujian hipotesis diperoleh thitung 2,10 ttabel 1,66827 sehingga uji signifikan pada taraf nyata α=5%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran TTW, Pembelajaran TPS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 03:03 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 03:03 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1564 |
Actions (login required)
View Item |