PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MATARAM KASIHAN

Sholikhatun Annisa, 13144100032 (2017) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MATARAM KASIHAN. Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Mataram Kasihan pada pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan bentuk post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Mataram Kasihan berjumlah 118 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas VIIIA dan VIIIC. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data, uji coba instrumen berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis digunakan uji-t satu arah pihak kanan pada taraf signifikansi . Berdasarkan hasil analisis data, kelas model discovery learning memperoleh rata-rata hasil posttest sebesar 80,50 dengan kategori sangat baik. Kelas model pembelajaran langsung memperoleh rata-rata hasil posttest sebesar 76,29 dengan kategori baikBerdasarkan analisis data pada uji-t posttest pemahaman konsep matematika secara manual diperoleh dan , atau , maka diterima atau . Hal ini menunjukan rata-rata hasil posttest pemahaman konsep matematika model discovery learning lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Mataram Kasihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:40
Last Modified: 12 Oct 2017 02:40
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1560

Actions (login required)

View Item View Item