Aprilia Tri Prastiwi, 13144600141 (2017) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN REWARD STICKER PICTURED SISWA KELAS V SD N 2 PEDES SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (515kB) | Preview |
Abstract
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V B SD N 2 Pedes yang berjumlah 17 terdiri dari 10 siswa laki laki dan 7 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif, meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar wawancara guru, lembar checklist disiplin belajar siswa dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis diskriptif data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase dari sikap disiplin belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan reward sticker picture dapat meningkatkan sikap disiplin belajar siswa kelas V B SD N 2 Pedes. Hal ini dapat dilihat dari persentase sikap disiplin belajar siswa dari hasil checklist disiplin belajarnya mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil persentase pra siklus sebesar 75,5% meningkat menjadi siklus I sebesar 83,8% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92% dengan kategori tinggi. Hasil wawancara guru menunjukkan respon positif terhadap penggunaan reward sticker picture. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan reward sticker picture dapat meningkatkan sikap disiplin belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar, Reward Sticker Picture |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 03:56 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 03:56 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1549 |
Actions (login required)
View Item |