GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DALAM MENGHADAPI ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK) KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BUGEL PANJATAN KULON PROGO

Tri Eni Ermawati, 13144600043 (2017) GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DALAM MENGHADAPI ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK) KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BUGEL PANJATAN KULON PROGO. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TRI ENI ERMAWATI.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas IV, orang tua 5 siswa berprestasi, dan 5 siswa berprestasi kelas IV SD Muhammadiyah Bugel Panjatan Kulon Progo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnih analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu siswa berprestasi, guru kelas IV, dan orang tua siswa berprestasi. Triangulasi tehnik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) siswa yang menggunakan gaya belajar visual ada 20% dari siswa berprestasi.(2) siswa yang menggunakan gaya belajar auditori ada 60% dari siswa berprestasi. (3) siswa yang menggunakan gaya belajar kinestetik ada 20% dari siswa berprestasi. (4) siswa berprestasi lebih dominan menggunakan gaya belajar auditori dalam menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) kelas IV di SD Muhammadiyah Bugel Panjatan Kulon Progo yaitu gaya belajar auditori. Dan (5) kesulitankesulitan pada gaya belajar siswa berprestasi dalam menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yaitu faktor yang bersumber dari diri sendiri (mengantuk, sakit kepala, dan tidak semangat), faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah (gangguan teman sebangku, cara guru menyampaikan materi pelajaran terlalu cepat, dan suasana kelas sebelah ramai), faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga (adik mengganggu ketika belajar, suadara menonton TV dengan suara keras, kurang perhatian orang tua ketika menemani belajar), dan faktor yang bersumber dari lingkungan masyarakat (tetangga bertamu kemudian mengobrol dengan suara keras, tetangga mendengarkan musik terlalu keras, dan ketika ada acara di desa yang membuat suasana ramai).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Siswa Berprestasi dan Kesulitan-kesulitan Belajar.
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 11 Oct 2017 03:44
Last Modified: 11 Oct 2017 03:44
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item