PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SD N KASIHAN

Devi Ernitasari, 13144600244 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SD N KASIHAN. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Devi Ernitasari (13144600244).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kasihan pada semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkn bahwa produk media pembelajaran layak untuk dikembangkan. Hal ini ditunjukkan hasil penelitian dari ahli materi dengan skor total 68 termasuk dalam interval 67,5 - 82,4 berkriteria baik. sedangkan untuk hasil validasi yang diperoleh dari ahli media yang ditinjau dari aspek tampilan memperoleh skor total 131 termasuk dalam interval 124,875 – 152,624 berkriteria baik. Hasil angket respon siswa pada uji terbatas dengan jumlah siswa 6 siswa mendapat skor total 107 dengan nilai presentase 89,16% berkriteria sangat baik. Hasil observasi uji coba terbatas mendapat skor 9 dengan nilai presentase 90% berkriteria sangat baik, sedangkan untuk hasil observasi uji lapangan mendapat skor 6 dengan presentase 60% berkriteria cukup. Pada uji coba terbatas lapangan hasil belajar siswa meningkat dibuktikan, dibuktikan hasil post-test 26 dari 28 siswa sudah mencapai KKM dengan presentase 92,867 % siswa yang nilainya tuntas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lectora Inspire
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 11 Oct 2017 03:38
Last Modified: 11 Oct 2017 03:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item