PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERBASIS TEKA-TEKI SILANG (TTS) SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH KEMADANG

Alfiani Prihastuti, 13144600248 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERBASIS TEKA-TEKI SILANG (TTS) SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH KEMADANG. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ALFIANI PRIHASTUTI.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Kemadang Tanjungsari Gunungkidul pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian Research and development ( R&D). Subjek penelitianya adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Kemadang sejumlah 21 siswa. Teknik dan pengumpulan data adalah lembar validasi, pedoman wawancara, pedoman respon guru, angket respon siswa, pedoman observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang terdiri dari konversi skala 5 dan persentase skala 5. Hasil penelitian dari Research and development ( R&D) Media pembelajaran berbasis Teka-Teki Silang berbentuk buku Teka-Teki Silang yang berwarna dangan penuh gambar dilengkapi dengan kolom-kolom Teka-Teki Silang yang siap dikerjakan oleh siswa. Dengan penggunaan Teka-Teki Silang dapat disimpulkan bahwa dengan adanya media pembelajaran yang berbasis Teka- Teki Silang ini dapat meningkatkan semangat dan motivasis siswa dalam mengikuti pembelajaran serta dapat menambah kemampuan memahami kosakata Bahasa Inggris, dapat diketahui melalui hasil pretest dan hasil postest, hasil postest menunjukan bahawa nilai lebih tinggi yaitu 90,0 daripada nilai pretest yaitu 66,6.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahssa Inggris, Teka-Teki Silang
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 10 Oct 2017 03:28
Last Modified: 10 Oct 2017 03:28
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item