HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS WONOKERTO TURI SLEMAN

Dwi Yuli Setiasih, 11144600110 (2015) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS WONOKERTO TURI SLEMAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Dwi Yuli Setiasih (11144600110).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V SD. Penelitian dilaksanakan di SD Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Gugus Wonokerto Turi Sleman yang berjumlah 162 siswa dan sampel penelitian yang berjumlah 84 siswa dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pola asuh orang tua siswa sebesar 16,67% berada (sangat tinggi); 67,86% (tinggi); 15,48% (sedang); (2) Prestasi belajar siswa kelas V sebesar 33,33% (sangat tinggi); 59,52% (tinggi); 7,14% (sedang); (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa dengan nilai p < 0,05 atau 0,000 < 0,05; (4) Sumbangan efektif pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 49,1%. Kata kunci: pola asuh orang tua, prestasi belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jan 2016 02:52
Last Modified: 26 Jan 2016 02:52
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item