EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NGRUKEMAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL

Syndi Ayuningrum, 13144600021 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NGRUKEMAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan model quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Ngrukeman Tamantirto Kasihan Bantul. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SD Ngrukeman yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik inferensial dengan uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) ada perbedaan keaktifan belajar PKn siswa antara menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dan pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari uji t keaktifan belajar siswa dengan nilai sig 0,000 atau sig < 0,05 dengan nilai t 4,876. (2) ada perbedaan prestasi belajar PKn siswa antara menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dan pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari uji t prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0,005 atau sig < 0,05 dengan nilai t 2,960. (3) Model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih efektif daripada menggunakan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn. Hal ini diketahui dari hasil nilai keaktifan dari kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here jumlah rata-rata 82,04 dan jumlah rata-rata 74,3 dari kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. (4) Model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih efektif daripada menggunakan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar PKn. Hal ini diketahui dari hasil nilai posttest dari kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here jumlah rata-rata 82,04 dan jumlah rata-rata 74,3 dari kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Everyone is a teacher here, Prestasi Belajar PKn, Keaktifan Belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 07 Oct 2017 02:30
Last Modified: 07 Oct 2017 02:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item