UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN PADA SISWA KELAS V SD N 1 JEMBANGAN PONCOWARNO KEBUMEN

Ari Dwi Susyanto, 11144600132 (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN PADA SISWA KELAS V SD N 1 JEMBANGAN PONCOWARNO KEBUMEN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL ARI DWI SUSYANTO.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jembangan Poncowarno Kebuman pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jembangan dengan jumlah siswa 22. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskripif dengan mean (rata-rata) dan persentase ketuntasan keseluruhan siswa. Hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran TGT pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 1 Jembangan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu dari hasil pra siklus sebesar 66,72 pada siklus I rata-rata kelas naik menjadi 69,54 dan pada siklus II naik menjadi 77,72. Pada pra siklus persentase ketuntasan keseluruhan siswa sebesar 18% atau 4 dari 22 siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan keseluruhan siswa meningkat menjadi 50% atau 11 dari 22 siswa, kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 86% atau 19 dari 22 siswa. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar Matematika mulai tahap pra siklus, Siklus I dan Siklus II. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Jembangan Poncowarno Kebumen.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran TGT
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 26 Jan 2016 02:46
Last Modified: 26 Jan 2016 02:46
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item