Desi Purwandari, 13144600173 (2017) PENERAPAN METODE MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS III SD NEGERI PANGGANG II. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas III SD Panggang II tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 12 siswa. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli-Agustus 2017. Obyek penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar PKn. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki komponen tindakan yaitu perencanaan, tindakan, dan observasi serta refleksi sesuai dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Proses pembelajaran dengan metode mnemonik meliputi menghadirkan materi, menghubungkan informasi, meningkatkan gambaran sensori, dan mengingat kembali . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan , maka kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran PKn III SD Panggang II menggunakan metode mnemonik dapat meningkatkan prestasi belajar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar sebelum aksi sebesar 33,33% atau 4 siswa, ketuntasan belajar siklus 1 sebesar 53,85% atau 7 siswa mencapai KKM meningkat menjadi 83,33% atau 10 siswa mencapai KKM. Hal ini berarti bahwa target penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian sebesar 75% mencapai target ketuntasan KKM( Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu ≥70.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar PKn, Metode Mnemonik |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 02:16 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 02:16 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1527 |
Actions (login required)
View Item |