DESAIN INTERAKSI SISTEM DISKUSI-BELAJAR MENGADOPSI MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING

Andhika Giri Persada, Jurusan Informatika UII (2017) DESAIN INTERAKSI SISTEM DISKUSI-BELAJAR MENGADOPSI MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING. In: SEMINAR NASIONAL Dinamika Informatika 2017 Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Aktifitas diskusi dan belajar bagimahasiswa tidak dapat lagi dipisahkan dari peranan media sosial. Selain digunakan sebagai media komunikasi dan wadah pertemanan, media sosial juga digunakan oleh mahasiswa untuk bertukar informasi dan gagasan mengenai sebuah topik pada bidang ilmu tertentu yang diajarkan di dalamkelas. Dari latar belakang tersebut, dicetuskan sebuah gagasan untuk mempelajari desain interaksi dari beberapa media sosial untuk dapat diterapkan pada sistemdiskusi danbelajar.Alasan dari pemilihanmedia sosial sebagai objek adalah kemampuan untukmemikat pengguna untuk selalumenggunakannya. Desain interaksi yang ditampilkan oleh media sosial bersifat intuitif sehingga memudahkan pengguna dan membuat mereka kecanduan untuk selalumenggunakannya. Salah satu teknik statistik yang dapat digunakan untukmemetakan keinginanmental pengguna ke dalamtabulasi data statistik bernamaKansei Engineering (KE).Hasil analisis KE kemudian dapat digunakan sebagai acuan dalammengembangkan sistemdiskusi dan belajar bagi mahasiswa yang mengadopsi media sosial. Hasil dari penelitian yang dilakukan diharapkan menghasilkan sebuan gambaran perihal keinginan mental pengguna terhadap sistem diskusi dan belajar yang intuitif dan interaktif seperti halnyamedia sosial.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: sistem diskusi dan belajar,media sosial, interaktif dan intuitif, kansei engineering
Subjects: Komputer > Komputer dan Manusia
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:35
Last Modified: 25 Aug 2017 03:35
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item