UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI BULUSPESANTREN KEBUMEN

Wahyu Fitriana, 13144600236 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI BULUSPESANTREN KEBUMEN. Prodi PGSD UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan prestasi belajar Bahasa Jawa menggunakan model cooperative learning type jigsaw dengan media flash card pada siswa kelas V di SD Negeri Buluspesantren Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi.Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model cooperative learning type jigsaw denganmedia flash card.Analisis data menggunakan pedoman penilaian berbicara, rata-rata hitung, dan persentase ketuntasan belajar. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisa data penelitian yang bersifat deskripstif kualitatif.Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan berbicara yang diperoleh siswa saat pra siklus rata-rata 57 dengan ketuntasan 33% pada siklus I rata-rata 64 dengan ketuntasan 52% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 78 dengan ketuntasan 86%. Sedangkan, prestasi belajar yang diperoleh siswa saat pra siklus rata-rata 59 dengan ketuntasan 38% pada siklus I rata-rata 69 dengan ketuntasan 62% dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan 95%. Dari hasil penelitian tersebut, kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan model cooperative learning type jigsaw denganmedia flash carddapat meningkatkan keterampilan berbicara dan prestasi belajar Bahasa Jawa, sehingga meningkatkan ketuntasan klasikal yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Prestasi Belajar, Cooperative Learning, Jigsaw, Flash Card
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 12 Aug 2017 04:04
Last Modified: 12 Aug 2017 04:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1432

Actions (login required)

View Item View Item