Nurul Laila Ramadhani, 13144200087 (2017) HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII SMP N 1 SENTOLO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Prodi Bimbingandan Konseling UPY.
|
Text
Artikel.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dengan perilaku menyontek siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 126 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil sampel 60 % dari populasi sebesar 75 siswa dengan menggunakan teknik quota cluster random sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara prokrastinasi akademik dengan perilaku menyontek siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo tahun pelajaran 2016/2017 dengan diketahui nilai koefisien korelasi r sebesar 0,446 dengan p = 0,000 (lebih kecil dari 0,05). Dengan demikian semakin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin tinggi perilaku menyontek siswa, sebaliknya semakin rendah prokrastinasi akademik pada siswa maka semakin rendah perilaku menyontek siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa prokrastinasi akademik yang tinggi dapat meningkatkan perilaku menyontek siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling mampu melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling secara efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prokrastinasi akademik, perilaku menyontek |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 01:41 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 01:41 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1423 |
Actions (login required)
View Item |