MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JATISARONO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

Robertus Sigit Jujur Prasetyo, 09144600007 (2017) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JATISARONO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Prodi PGSD UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi sumber daya alam dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri Jatisarono Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatisarono sebanyak 24 siswa yang terdiri atas 12 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan empat tahapan menurut Kemmis dan Mc. Taggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes tertulis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif dengan penyajian tabel rata-rata dan persentase. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD N Jatisarono, dilihat dari nilai rata-rata kelas yang naik dari pra siklus 62,5 dengan persentase ketuntasan 33,33% menjadi 70 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 70,83%, dan naik lagi menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 100% pada siklus II. Selain itu, keaktifan siswa dalam setiap siklus juga meningkat, yaitu dari rata-rata keaktifan 73,85% dengan kategori tinggi pada siklus I menjadi rata-rata 85,4% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 21 Jun 2017 02:54
Last Modified: 21 Jun 2017 02:54
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item