PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V DI SD N 2 KRAGUMAN JOGONALAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Agung Yogi Nugroho, 09144620189 (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V DI SD N 2 KRAGUMAN JOGONALAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Prodi PGSD UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 2 KragumanJogonalanKlaten pada Tahun Ajaran 2016/2017 semester genap dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlahsiswa 32 anak. Prosedur penelitian pada siklus I dan II melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penghitungan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu dari 53,38 pada pra siklus menjadi 60,6 pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi75,2 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 25,80% yang terdiridari 8 siswa yang tuntasdan 23 siswa yang belumtuntaspada pra siklus menjadi 31,25%terdiridari 10 siswatuntasdan 22 siswatidaktuntas pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi menjadi 81,25%yaitu 26 siswatuntasdan 6 siswatidaktuntas pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial, Prestasi Belajar IPS, Model Pembelajarantipe Jigsaw
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 21 Jun 2017 02:22
Last Modified: 21 Jun 2017 02:22
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item View Item