PENINGKATAN MOTIVASI, PARTISIPASI AKTIF, DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SREMO, KOKAP, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SUHARNO, 14255140025 (2017) PENINGKATAN MOTIVASI, PARTISIPASI AKTIF, DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SREMO, KOKAP, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Pasca Sarjana UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL suharno.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research classroom) model Kemmis dan Taggart dengan menggunakan 2 siklus. Setiap Siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan tindakan, 2) tahap pelaksanaan tindakan, 3) tahap observasi dan 4) tahap refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 3 Sremo Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari perangkat pembelajaran, soal tes formatif dan lembar observasi untuk keaktifan dan motivasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, tingkat keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share. Perolehan skor tingkat pencapaian motivasi siswa pada saat pra tindakan sebesar 44,04% dengan kreteria sedang, meningkat pada siklus I menjadi 66,32% dengan kreteria tinggi dan lebih meningkat lagi pada siklus II menjadi 90,07% dengan kategori sangat tinggi. Perolehan tingkat pencapaian keaktifan siswa saat pra tindakan sebesar 39,23% dengan kreteria rendah dan tingkat pencapaian siklus I sebesar 60,49% dengan kreteria tinggi, sehingga diperoleh selisih peningkatan sebesar 21,53%. Kemudian tingkat pencapaian siklus II sebesar 84,87% dengan kreteria sangat tinggi, sehingga selisih peningkatan dengan siklus I sebesar 24,37%. Selanjutnya perolehan nilai hasil belajar siswa pada awal pra tindakan siswa yang tuntas hanya 12% dengan rerata nilai 64,29. Tingkat ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 58,83% dinyatakan tuntas dengan rerata nilai 71,23. Pada siklus II sebesar 100% siswa dinyatakan tuntas dan diperoleh rerata nilai 82,94.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: cooperative learning tipe think pair, Partisipasi Aktif, Motivasi
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 31 May 2017 02:36
Last Modified: 31 May 2017 02:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item