Ari Wibowo,M.Pd, Dosen Prodi PGSD UPY and Ahmad Agung Yuwono Putro, M.Pd, Dosen Prodi PGSD UPY (2016) STUDI KOMPARASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS MAHASISWA PADA MATA KULIAH IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING AND LEARNIG (QTL). Prodi PGSD UPY.
|
Text
jurnal agung.pdf Download (479kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan kemampuan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill/HOTS) dan kreativitas mahasiswa pada matakuliah IPS 1 menggunakan Model pembelajaran CTL dan QTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan obvervasi. Instrumen di validasi oleh ahli dan validitas empiris menggunakan analisis pearson product moment serta analisis reliabilitas alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis diskiprif dan analisis inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan rerata nilai Higher Order Thinking Skill mahasiswa dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,020 < 0,05 maka H0 ditolak pada signifikansi 0,05, thitung yang menunjukkan nilai sebesar 2,375 sedangkan ttabel untuk taraf signifikan 5% dengan DB 72 maka nilai kritis ttabel adalah 1,980, dengan demikian ttabel < thitung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rerata nilai Higher Order Thinking Skill mahasiswa dibuktikan dengan Sig. = 0,482 < 0,05 maka H0 ditolak pada signifikansi 0,05 hitung yang menunjukkan nilai sebesar 0,706 sedangkan t tabel untuk taraf signifikan 5% dengan DB 72 maka nilai kritis t tabel adalah 1,980, dengan demikian ttabel > thitung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Learning, Quantum Learning, Higher Order Thinking, Kreativitas |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 03:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 03:35 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1337 |
Actions (login required)
View Item |