ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA BUS ROSALIA INDAH

KARINA NIDIA NANDI ATMAY, 13133200101 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA BUS ROSALIA INDAH. Prodi Manajemen UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas layanan, fasilitas, dan keamanan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa Bus Rosalia Indah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh variabel harga, kualitas layanan, fasilitas, dan keamanan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa Bus Rosalia Indah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan jasa Bus Rosalia Indah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan metode non probability sampling yaitu dengan cara accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi : uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 4,089 + 0,362X1 + 0,278X2 + 0,315X3 + 0,194X4 Dari hasil analisis data statistik, dapat dilihat bahwa variabel harga (X1) memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen yaitu sebesar 0,362, kemudian variabel fasilitas (X3) sebesar 0,315,lalu variabel kualitas layanan (X2) sebesar 0,278, dan variabel keamanan (X4) sebesar 0,194. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji f yang menunjukkan bahwa semua variabel adalah positif dan sigifikan mempengaruhi variabel dependen kepuasan pelanggan (Y). Adjusted R Square menunjukkan bahwa 48,4% berarti kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa bus Rosalia Indah dipengaruhi oleh variabel independen dalam persamaan regresi linier berganda. Sedangkan sisanya 51,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: harga, kualitas layanan, fasilitas, keamanan, dan kepuasan pelanggan
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 30 Mar 2017 02:51
Last Modified: 30 Mar 2017 02:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item