PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Konsumen Café D’Srupat-Sruput di Kota Wates)

DIAN ANGGRAINI PUSPITORINI, 13133200081 (2017) PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Konsumen Café D’Srupat-Sruput di Kota Wates). Prodi Manajemen UPY.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran dan memutuskan pembelian pada café D’Srupat-Sruput di Wates, Kulon Progo, serta bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian pada café D’Srupat-Sruput di Wates, Kulon Progo. Penelitian dilakukan di café D’Srupat-Sruput di Wates, Kulon Progo. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 konsumen café D’Srupat-Sruput di Wates, Kulon Progo. Dengan jumlah sampel 80 responden dengan menggunakan pendekatan Accidental Sampling, yaitu sampel diambil berdasarkan kebetulan yang ditemui atau siapapun yang dianggap cocok sebagai sumber data. Berdasarkan hasil olah data penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = - 5,534 + 0,743 X1 + 0,221 X2 + 0,356 X3 + 0,357 X4, pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa variabel independen (motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran) yang diteliti terbukti signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Hal ini dapat dibuktikan dengan semua nilai signifikansinya yang lebih kecil dari 0,05. Secara simultan variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini dibuktikan dengan nilai F yaitu 41,915 dengan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05. R2 sebesar 0,674 artinya presentase sumbangan pengaruh variabel independen (motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) sebesar 67,4%, sedangkan sisanya 32,6% dipengaruhi atau dijelaskan oelh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran dan keputusan pembelian
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 30 Mar 2017 01:53
Last Modified: 30 Mar 2017 01:53
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item